Gembira Loka Zoo, JOGJA

Hallo sahabat kurang piknik,

Weekend kali ini tim keluarga kurang piknik merencanakan untuk mengunjungi Kebun Binatang Gembira Loka di kota Jogjakarta.
Daerah Istimewa Yogyakarta yang berhati nyaman dan selalu bikin kangen ini memang selalu update, terutama sektor pariwisata. Banyak sekali bermunculan obyek wisata baru di sekitaran Jogja, tapi kali ini kita sengaja menuju salah satu ikon wisata Jogja selain Malioboro dan keraton. TRMS Gembira Loka!

Kami sengaja berangkat pagi mengingat saat ini musim penghujan, dan beberapa hari terakhir Jogja selalu diguyur hujan lebat. Tepat jam 8 pagi setelah sarapan kita sudah berangkat. Kami berangkat bukan langsung dari Solo, Melainkan dari daerah Pleret, Bantul tempat rumah Simbah Hanan, sehari sebelumnya kita memang menginap di sini. :D

Perjalanan  tidak begitu jauh, kira-kira 30 menit, sudah sampai tujuan. Perjalanan yg cukup singkat ternyata sudah cukup membuat Hanan terlelap pulas. Maklum, Hanan biasa bangun jam 4 Shubuh, kebiasaannya abis sarapan dan mandi jam segini ya jadwalnya bobok lagi..

Saking pulesnya, dari parkiran sampai gerbang pintu masuk Hanan masih asik aja terlelap,
Karena tidak mau melewatkan moment, dan tujuan utama ke Gembira Loka memang untuk mengedukasi Hanan aneka macam Satwa, maka akhirnya dibangunin deh tu bocah sama mamahnya..
masih ngantuk mah...
Karcis masuk cukup terjangkau, untuk weekend hanya dengan membayar Rp 30.000,
Begitu masuk, kita tidak langsung disambut aneka macam satwa.. tapi kita harus menyusuri taman hutan yang Rindang dan teduh, dibeberapa sudut tampak banyak spot selfie dengan background tulisan "Gembira Loka" instagramable banget sih, cuman sayang kita tidak sempat ambil foto.

Selepas menyusuri Jalan setapak dibawah pepohonan rindang, Kita harus menyusri turunan yang lumayan curam. tapi jangan kuatir ya, jalannya sudah ada anak tangganya, jadi lumayan aman dan nyaman, ohya sepanjang area gembira Loka juga sudah ramah untuk penyandang disabilitas dan Lansia. Disediakan juga kursi roda di pintu masuk bagi yang membutuhkan.

akhirnya melek juga
Kelar menyusuri anak tangga dan menyebrangi Sungai, kita langsung disambut kandang Gajah. Ada beberapa ekor koleksi gajah di sini, bahkan pengunjung juga bisa mnerasakan naik Gajah dengan membayar Rp 20.000.

hanan seneng banget lihat langsung hewan ini, seketika langsung menyebut Gaaajaaah!  maklum biasanya cuman liat di TV sama Youtube.

Di dalam Kebun Binatang ada danau buatan, lengap dengan berbagai wahana permainan air seperti sepeda bebek dan speedbooat. ditengah2 danau ada bangunan mirip kapal pesiar yang ternyata itu adalah resto. Sayang karena masih kepagian resto tersebut belum buka
Baru hanya lihat  gajah dan beberapa koleksi satwa mamalia besar ibuknya Hanan ternyata sudah angkat tangan alias ngos2an.. Apalagi saat melihat Map yang diberikan di pintu masuk. Rasanya kalau harus jalan kaki mengelilingi semua areal kebun yang begitu luas semua ampun dah.. Sedikit kesalahan juga gak bawa stroller..
Untung pihak Gembira Loka menawarkan juga fasilitas kereta mini yang bisa mengantar penumpang ke tiap zona area ini. Eits tp gak gratisan ya gaes, kita harus bayar Rp 25.000. lumayan lah cukup menolong pengujung malas seperti kita bisa keliling tanpa pegel2 :D

Pose dulu di depan kereta, Gembira Loka terbagi menjadi 6 Zona. Kereta ini jumlahnya lumayan banyak sehingga intervalnya tidak terlalu lama dan tidak perlu berebutan.

di Zona reptil kita turun dan mengesplor berbagai satwanya. Hanan suka sekali lagu cicak di dinding, saatnya mengenalkan cicak tokek kadal buaya dan sejenisnya hingga cicak raksaksa alias komodo.
eksis sama phyton

Puas lihat cicak vs buaya kita lanjutkan naik kereta mini, berhubung kereta yg lewat penuh sama rombongan kita nunggu kereta selanjutnya sambil jajan di halte. Banyak aksesoris mulai koas boneka gantungan kunci hingga makanan dijual di setiap halte kereta

Suka banget sama Gajah, padahal waktu Hamil ibunya Hanan ga nyidam lagu tulus loh..
Nah di zona selanjuntnya nih yang paling asik, Zona burung. Cukup banyak jenis burung di sini, yang menyenangkan model kandang burungnya cukup luas dan kita bisa leluasa masuk. Berasa berada di hutan deh pokoknya

Ada spot foto sama burung Nuri, kakak Tua, Elang, Burung Hantu. Cukup mengisi kotak seiklasnya saja.

Ohya, Tiket kereta mini juga sudah include tiket perahu, Lumayan muterin danau yang cukup luas

Setelah turun dari perahu, kita melanjutkan perjalan ke zona selanjutnya. Kebetulan sekali bertepatan dengan jam tayang atraksi live satwa. Lumayan edukasi yang langsung dipandu sama penjaga kebun binatang disertai tingkah cerdas satwanya

ada atraksi berang2, sigung, burung banyak deh..
Sambil lihat atraksi pertunjukan satwa, sekalian makan siang.

Lanjut ke zona terakhir, berhubung hanan excited banget ketika tadi lihat orang naik gajah, maka dengan sedikit gambling saya ajak naik onta..
dan bener saja, setelah awalnya ragu kalau bakalan nangis, kejadian juga deh. Tapi konyolnya ni bocah Nangis justru saat disuruh turun T.T
Kalau gratis mah gpp mau naik berapa puteran, ini untuk 1 puteran aja yang gak sampe 5 menit harus rogoh kocek Rp 20.000

Setelah cukup puas mengelilingi areal kebun binatang ini, kami memutuskan untuk pulang. Mengingat cuaca juga mendadak mendung. gak asik juga kan ujan2an di kebun binatang outdoor.

Sebenarnya masih banyak spot yang belum kita eksplor, karena Hanan dan mamahnya justru asik naik kereta daripada berjalan antar kandang satwa. Dibeberapa titik juga nampak berbagai renovasi kandang dan sarana pendukung.
Secara keseluruhan kebun binatang Gembira Loka cukup baik, transformasi yang luar biasa dari terakhir ke sini. perubahanya sudah sangat baik. Hutannya yang rindang sangat cocok untuk tempat wisata di tengah kota Jogja yang panas.  Mungkin apabila renovasi kandang singa dll sudah kelar, dan hanya diberikan pembatas kaca seperti di Secret Zoo Batu Malang, Pastinya Gembira Loka menjadi lebih keren lagi
Melihat kalian tersenyum ceria merupakan anugrah terindah dalam hidupku.

About Me

My photo
Professional Medical Representative | Liverpudlian | road bikes rider | BISMANIA | blogger | Banjarnegara-Solo