Urus Mutasi/Balik Nama Sleman ke Jogja Part I

Kali ini saya akan sedikit berbagi pengalaman saat mengurus sendiri proses MUTASI, CABUT BERKAS, BALIK NAMA SERTA BAYAR PAJAK DAN DENDA. 

Sekedar info berikut spesifikasi STNK kendaraan yang akan saya urus :
                                                                                                    
PKB : 1.080.000
SWKLDJJ : 143.000
Berlaku sampai : 4 Oktober 2016
Berlaku sampai dengan : 4 Oktober 2018
Tahun Pembuatan : 2013
Kota Asal : Sleman
Kota Tujuan : Yogyakarta

Dari data diatas dapat diketahui kalau pajak sudah mati 2th. :D 

Sempet juga nanya ke tukang jasa, dapat ilustrasi total sampe beres hampir 8 juta. hmmm kok mahal yah??? akhirnya diputuskan untuk urus sendiri sekalian pengin tau prosesnya 
------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Setelah urus cuti kerja, Tepat hari Kamis, 1 Februari 2018 dengan modal browsing informasi di google, nekat berangkat untuk urus sendiri.  

Untuk kalian yang akan mengurus sendiri, mungkin pengalamanku bisa buat pelajaran. Kebetulan kendaraan yang saya mobil untuk motor kemungkinan tidak jauh beda. Berikut tahapan yang saya lalui untuk Mutasi dan Balik nama dari Jogja ke Sleman:

1. MUTASI /CABUT BERKAS

Hal pertama yg dilakukan adalah cabut berkas (MUTASI). Untuk mutasi, samsat manakah yang harus dituju pertama kali, samsat asal atau samsat tujuan??? 

Ternyata samsat tujuanlah yang kita datangi pertama kali. Sebelumya banyak info ada yang bilang samsat tujuan, ada yg bilang bisa juga di samsat asal. Berhubung samsat tujuan yg paling dekat, akhirnya saya cek ke sana, dan ternyata benar. Untuk mutasi di provinsi DIY, samsat tujuanlah yang dituju pertama kali. tidak tau untuk daerah lain. biar aman silahkan tanya dulu ke petugas samsat terdekat

Berhubung dari rumah tidak tau berkas apa aja yang dibutuhkan, jadi hal pertama langsung menuju warung fotocopy di samping parkiran.

Ternyata yang dibutuhkan adalah :
1. BPKB Kendaraan
2. STNK Kendaraan
3. KTP Pemilik baru
4. Kwitansi pembelian kendaraan. 

Semua berkas difotocopy rangkap 4. Kalau bingung dan tidak ada kwitansi pembelian tanya saja tukang fotocopyan. Nanti bisa dibuat dadakan, mereka sudah paham kok.

Berhubung rencana balik nama atas nama istri dan yang bersangkutan tidak ikut, maka selain fotocopy KTP pemilik baru juga harus ada fotocopy KTP orang yang diwakilkan melakukan proses cek fisik kendaraan. 


Di sini ada 2 loket pendaftaraan, loket cek fisik rutin/5 tahunan dan loket Mutasi. jangan salah masuk ya. Dari bagian pendaftaran kita di kasih formulir dan kertas gesek. Isi saja sendiri spesifikasi kendaraan sesuai BPKB di lembar form. Di sini tidak ada no antrian baku. hanya saja diurutkan dari posisi kedatangan parkir. 


Jadi begitu datang jangan perlu ragu, langsung aja masuk parkir di tempat gesek. Jangan kaya saya kemarin malah parkir diluar. Alhasil sedikit menghambat antrian.



Tips :
1. Datang Pagi
2. Kendaraan Langsung Parkir di Halaman Belakang (Cek Fisik)
3. Siapkan Berkas2. Masuk Pendaftaran Mutasi
4. Isi lembar form yg diberikan.
5. Tidak perlu KTP pemilik lama

Setelah kendaraan sudah berada di posisi terdepan, serahkan lembar form dan kertas geseknya ke petugas untuk dilakukan pengabilan no mesin/rangka.
Di sini semua biayanya gratis, mulai pendaftaran, cek fisik, pengesahan semua tidak dipungut biaya, tidak ada juga kotak/kaleng sukarela. Bener bener grayis tis.

Cuman bayar 2ribu fotokopi berkas aja :D.
Prosesnya juga  cepat gak sampe satu jam,  Good Job..!

FYI, pas masuk di areal parkir sempet ditawarin jasa untuk cek fisik sampe selesai cukup bayar Rp 50.000. Untung saya tolak, hehehe

2. Samsat Tujuan (MUTASI KELUAR)
Setelah selesai gesek nomor, saya langsung cabut ke samsat tujuan mengingat waktu sudah mepet. Sampai samsat Sleman sekitar jam 10. Perlu diingat di sini semua pelayanan pendaftaran ditutup jam 11 tepat!

Sempet kagok karena gedungnya baru dan luas banget beda jauh dengan samsat kota DIY, yang pertama yang kita tuju adalah loket paling ujung di bagian MUTASI. dari sini kita akan diberikan penjelasan alur dan berkas yg dibutuhkan. Mbak2 nya ramah dan memberikan penjelasan dengan gamblang. Di sini kita diarahkan untuk menuju lantai basement untuk verifikasi berkas dari samsat tujuan.
Tips : 
1. Datang Pagi
2. Loket Mutasi di lantai 1 
3. Loket Pengesahan di basement



Setelah berkas disahkan/legalisir segera copy menjadi 4 rangkap. Jangan kuatir karena tidak jauh dari loket pengesahan ada warung fotocopy kok

Berikutnya  segera menuju loket BPKP Polres Tujuan. Untuk di samsat sleman loket bpkp ada di halaman belakang geung utama. Oya, perhatikan jam ya. Karena tepat jam 11 loket benar2 tidak mau melayani.
Jangan lupa bawa bekal ya, gedungnya luas bikin haus :D

4. Loket BPKP


Di bangunan ini ada 4 pintu loket. taruh saja berkas tadi di bagian loket mutasi keluar. tunggu sejenak. Setelah semua dicek petugas, nanti akan dipanggil dan diberikan semacam kwitansi untuk di tumpuk di loket pembayaran BRI. loketnya ada di sebelah ujung.




untuk proses mutasi keluar mobil Rp. 250.000 motor  Rp150.000


Setelah selesai membayar dan distempel bukti lunas, kwitans kita taruh kembali di loket mutasi keluar tadi. Setelah itu kita akan dipanggil petugas dan diberikan sedikit penjelasan. Bahwa proses mutasi keluar dari pihak keolisian telah selesai .Kita diberikan fotocopoy STNK/BPKB yang sudah disahkan sebagai pegangan sementara. selain itu kita juga diberikan selembar resi untuk pengambilan berkas kalau sudah jadi. Harus bersabar karena berkas baru jadi 30 hari kemudian. Jadi jangan sampai hilang bukti resi pengambiannya yaa..

Tips :
1. Datang Pagi
2. Taruh berkas di loket mutasi keluar
3. Siapkan dana cash
4. Dengarkan instruksi petugas 




5. Kembali ke loket samsat MUTASI KELUAR

Setelah mendapat berkas+resi pengambilan, langkah selanjutnya adalah kembali ke gedung utama lantai 1menuju loket samsat mutasi keluar tadi.

Disini, berkas fotocopy yang sudah disahkan pihak kepolisian tadi diminta, dan kita disisain 1 rangkap untuk pegangan di jalan.  Kita juga di data nomor telepon sebagai reminder kalau berkas sudah jadi.
Tips:
1. Dari loket BPKB langsung saja tumpuk berkasnya gak usah antri nomor
2. Simpan baik-baik bukti resi pengambilan
3. Proses muatasi selesai.

Ternyata tidak serepot yang dibayangkan. hanya saja memang butuh waktu untuk mengurus di dua kantor yang letaknya lumayan berjauhan.
Hari ini cukup puas dengan semua pelayanannya berangkat di samsat kota jam 9 pagi proses selesai jam 11.30.  Untuk Samsat cek fisik di samsat jogja jangan ragu untuk langsung saja parkir masuk sampe ke belakang tanya saja tukang parkirnya. Kalau untuk di samsat sleman masuk saja ke bangunan yang baru di halaman depan tersedia lahan parkir yang luas.

Di gedung utama samsat sleman lumayan nyaman, AC dingin, petugas di tiap loket melayani dengan ramah, banyak juga satpam jadi tidak repot kalau mau tanya-tanya.

Ada juga tempat bermain anak sehingga gak takut bawa anak. Cuman untuk pendaftaran memang ditutup tepat jam 11 siang. pengalaman ada yang daftar BPKB jam 11 lebih dikit tetap ditolak dan suruh datang besok pagi lagi.


So, jangan ragu untuk urus sendiri ya...

Total pengeluaran :
1. Cek Fisik Samsat Jogja                     : 0
2. Legalisir cek fisik Samsat Sleman    : 0
3. Fotocopy berkas+parkir                    :  5.000
3. Biaya Mutasi Keluar Polres Sleman : 250.000

Total pengeluaran hari ini resmi Rp 255.000

Untuk proses mutasi keluar sudah selesai, proses selanjutnya menunggu berkas rampung tanggal 28 Februari 2018.

Berasambung, nanti saya update setelah berkas kelar. Dadaaah

Urus mutasi balik Nama PART II

19 comments:

  1. Langkah-langkahnya detail bangat penjelasannya, jadi mudah bnagt ya ternyata

    ReplyDelete
  2. keren bang penjelasannya. thanks jadi jelas bagaimana cara urus mutasi

    ReplyDelete
  3. Bermanfaat nih, detail banget. Kalau suatu hari membutuhkan bisa ikutin langkah ini :)

    ReplyDelete
  4. Wah membantu banget nih, kebijakan tiap daerah sama kan ya.. Bisa jd referensi nih

    ReplyDelete
  5. Terimakasih
    Btw total denda saja yg dibayar jadi berapa ya mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk hitungan denda hanya alien yang tau mas..

      Tp sebagai gambaran untuk kemarin kasus saya telat hampir 2 tahun biaya yg dikeluarkan :

      pajak pokok Rp 1.916.000
      denda Rp 1.104.000

      Delete
    2. kalau pajak tahunan 300k,,trs telat 3thn.
      kira2 kena denda brp mas? AB sleman

      Delete
    3. waduh harus tau nilai PKBnya dlu pak..

      langsung aja ke kantor Samsat, tanya petugasnya nanti dikasi perkiraan besaran biayanya kok

      Delete
  6. Gan.. aq kok kurang paham untuk cabut berkas itu ke samsat asal mobil atau samsat tujuan mobil dibalik nama ??
    Cz di keterangan agan tdi kok balik lgi ke sleman artinya ke kota asal mobil lgi dong ?? Mohon pencerahan

    Trims..

    ReplyDelete
  7. Gan.. aq kok kurang paham untuk cabut berkas itu ke samsat asal mobil atau samsat tujuan mobil dibalik nama ??
    Cz di keterangan agan tdi kok balik lgi ke sleman artinya ke kota asal mobil lgi dong ?? Mohon pencerahan

    Trims..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya begini, mobil sebelumnya teregistrasi di samsat sleman. Jadi utk pengurusan mutasi harus cabut berkas yg di sleman. CMIEWW

      Delete
    2. Berarti samsat asal ya pak. Agak bingung soalnya di bagian tahap pertama utk cabut berkas ditulisnya di samsat tujuan.

      Delete
  8. Pak itu bbnkb bayar 2x?
    Kena denda lagi. Apa di kwitansi pembelian dari 2016 yg dtgl pembeliannys?

    ReplyDelete
  9. Sgt jelas tq.jd ktp yg akn dibalik nama yg perlu ya?

    ReplyDelete
  10. Good post, well written. Many thanks. I will be back soon to check out for updates. Cheers.

    dewa poker

    poker88

    ReplyDelete

 

About Me

My photo
Professional Medical Representative | Liverpudlian | road bikes rider | BISMANIA | blogger | Banjarnegara

*Bukan karena Latah "My Trip My Adventure" trs jadi sok2an ikut ngetrip sana-sini. Cuman dari dulu suka aja sesekali memanjakan diri dengan jalan-jalan sekedar buat plesiran...

Everyday is Holyday

Prakosoandhika on FB