ZAPFIN: Prinsip Mengatur Gaji

Tau tau udah akhir bulan, tau tau udah gajian, tau tau hati riang gembira aja, eeh baru sehari dua hari tau tau gajian udah mau hampir habis aja! *dubraaaak*, 



sahabat blogger, 
Pernah gak mengalami hal seperti itu? yap, bagi para pekerja karyawan yang mendapatkan penghasilan dengan sistem gaji sebulan sekali memang harus pintar dalam mengatur penghasilan. Kenapa? karena apabila kita tidak cerdas dalam mengatur manajemen keuangan, bisa bisa kita akan keawalahan dalam mengatur pos pos pengeluaran. Karena semakin besar gaji kita, pengeluaran juga berbanding lurus. Apalagi yang berpenghasilan pas pasan kaya penulis ini... :p
Untuk itu, mutlak dibutuhkan pengaturan yg cermat, agar semua kebutuhan dan kewajiban tetap terpenuhi, tetapi kita juga masih bisa menyisakan sedkit untuk ditabung.

Lantas bagaimana solusinya??? oke, mari kita berkenalan dengan ZAPFIN! si gadis cantik yg pandai mengatur gaji kita! wkwkwk


PRINSIP MENGELOLA GAJI BULANAN
DENGAN SISTEM ZAPFIN


Z: Zakat, A: Assurance, P: Present Consumption, F: Future Spending, IN :Investment


1. Zakat: Sisihkan setidaknya 2,5 persen dari penghasilan untuk pos ini.

2. Assurance: Setiap bulan kita wajib menyisihkan untuk dana darurat, dan juga memenuhi kebutuhan berasuransi. Jumlahnya, maksimal 10 persen dari penghasilan bulanan.

3. Present Consumption: Ini adalah pos terbesar yang akan memakan penghasilan bulanan. Semua biaya kebutuhan hidup wajar, harus dianggarkan untuk pos ini. Bila masih berutang rumah, maka cicilan bulanan juga harus dimasukkan ke sini. Idealnya, biaya hidup wajar alokasinya tidak lebih dari 70 persen penghasilan.

4. Future Spending: Nah, kita harus bisa menabung lho, untuk berbagai kebutuhan jangka pendek. Untuk itu, bisa dicoba untuk mengalokasikan 7,5 persen dari penghasilan.

5. Investment: Terakhir, investasi mutlak diperlukan untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang atau kebutuhan di saat Anda sudah tidak produktif lagi karena faktor usia ataupun faktor kesehatan. Sebisa mungkin, sisihkan 10 persen dari penghasilan untuk berinvestasi.


Nah, semoga dengan adanya manajemen ZAPFIN, sahabat blogger bisa mengatur keuangan gaji kita dengan lebih bijaksana.

Selamat mencoba..




 

About Me

My photo
Professional Medical Representative | Liverpudlian | road bikes rider | BISMANIA | blogger | Banjarnegara

*Bukan karena Latah "My Trip My Adventure" trs jadi sok2an ikut ngetrip sana-sini. Cuman dari dulu suka aja sesekali memanjakan diri dengan jalan-jalan sekedar buat plesiran...

Everyday is Holyday

Prakosoandhika on FB