Trip with Gank Kecrek (BALI)

Liburan Imlek 2014 terasa begitu spesial, Bukan karena saya merayakan tahun Kuda Kayu ini, tetapi saya memanfaatkan hari libur tersebuat buat jalan sama teman2! sudah sejak lama kami memang mempunyai rencana untuk snorkling melihat indahnya terumbu karang Indonesia! Destinasi awalnya adalah Pulau Karimun Jawa, tapi dengan kondisi cuaca buruk akhir2 ini, kami segera mengurungkan niat. Sebagai ganti, akhirnya kami 6 orang sepakat tujuan dirubah ke Pulau Menjangan, BALI!

Perjalanan darat kami pilih, karena personel 'geng kecrek' yang berjumlah  7 orang ini tersebar di beberapa kota. Saya, dan Arini Rempong dari Banjarnegara naik travel ke Kota Solo menjemput Dian Dudul, Ketemuan di Terminal Tirtonadi dan selanjutnya naik bus malam menuju Terminal Purabaya, Bungurasih, Sidoarjo. Sementara Tompel, Syifa, dan Wulan berangkat dari kota Tegal via Kereta Api dan turun di stasiun Pasar Turi Surabaya. Sedangkan personel terakhir temanku si Paijo berangkat naik Motor dari Gresik dan langsung menuju terminal Purabaya. 

Jumat, 31 Januari 2014, Jam 6 pagi kami ber enam sudah berkumpul di terminal Purabaya, Sifa, Tompel dan Wulan dijemput oleh travel agen kami mas Yus. Tinggal nunggu seorang yang ngakunya mau berangkat jam 4 shubuh, tapi nyatanya jam segini belum nongol batang hidungnya. dasar PAIJO!!!

Setelah beberapa saat akhirnya muncul juga tuh anak.. Yeay.. we're complete now! gak pake lama kita langsung naik mobil Luxio hitam yang dikemudikan mas Yus. tanpa dikomando, kita semua sepakat buat nyari Sarapan!(udah hampir mati kelaparan...)

Kami memilih Lontong Balap khas Surabaya,

Seperti biasa, kami sempatkan buat ngeksis sebentar.  dan Ikon kota Surabaya kami pilih sebagai background narsis kami.. haha :p


...perjalanan yg cukup panjang, sekitar 6 jam kami tempuh dari Surabaya menuju Kabupaten Situbondo, Sebelum ke Pulau Menjangan, BALI, kita memang berencana mampir ke Taman Nasional Baluran yang berada di Kab Situbondo, tepatnya di sekitar Alas Purwo. Perjalanan sempat crowded karena jembatan penghubung putus diterjang banjir bandang semalam, kami harus mencari jalan alternatif,

Untung saja kami di Pandu GPS. Sebelum pergi, saya sempat download SYGIC GPS System yang saya sematkan di Android kesayanganku, Sepanjang jalan kita sangat terbantu 'LASTRI', Lastri merupakan Indonesian voice di GPS tersebut. emang beneran namanya Lastri lho.. cukup kocak juga,. xixixi (jadi penasaran pengen liat muka si lastri).


Dan setelah mutar muter gak jelas gara2 Lastri salah kasih petunjuk, akhirnya sampai juga di daerah menyeramkan penuh misteri lelembut.. (jiah Lebay) 
yap kita memasuki kawasan Alas Purwo, sebuah alas alias hutan yang masih rimbun. bukannya takut, kami justru senang, karena artinya kita sudah dekat dengan pintu masuk Taman Nasional Baluran!!! horeeeee....

Welcome to Baluran!!
"Taman nasional ini terdiri dari tipe vegetasi sabana, hutan manggrove, hutan musim, hutan pantai, hutan pegunungan bawah, hutan rawa dan hutan yang selalu hijau sepanjang tahun. Tipe vegetasi sabana mendominasi kawasan Taman Nasional Baluran yakni sekitar 40 persen dari total luas lahan."

disambut rombongan monyet
geng kecrek


bukan foto pre wedding


Pantai Bama, Masih sekitar Taman Nasional Baluran




Selepas maghrib, kita cabut dari Baluran dan menuju Ketapang, mencari penginapan..
Hari pertama sungguh melelahkan, gak banyak kegiatan, setelah makan malam kita semua langsung terlelap tidur di hotel, karena besok pagi buta setelah sholat shubuh, kita berangkat pagi meyebrang ke pelabuhan Gilimanuk,  BALI!



Pulau menjangan yang masuk wilayah kab Singaraja, terletak tidak begitu jauh dari pelabuhan gilimanuk. Tidak sampai 1 jam kita sudah sampai di teluk banyu wedang. Crossing point menuju Pulau Menjangan.

 

Di sana kita bertemu dengan rombongan lain. bertemu dengan guide Lokal yang sangat ramah, Bli Nyoman. kami semua diajak ke tempat penyewaan peralatan, dikasih penjelasan singkat tentang penggunan alat snorkel. Setelah semua siap kami harus naik perahu cepat dari teluk banyu wedang menuju ke pulau menjangan..
bli nyoman


Setelah sekitar 30 menit terombang ambing di lautan, eng ing eng...
finnaly, PULAU MENJANGAN!!

 



gak pakai lama, kami semua langsung menceburkan diri ke pantai yang dipenuhi terumbu karang yang begitu indaaaah.....


pulau seribu pura,, disini 80% pelancong adalah Bule.. bahkan kami warga lokal menjadi minoritas.. wkwkwk


acara cebur2an berlangsung seharian, cuman diselingi istirahat makan siang dan tracking keliling pulau, sehabis itu ya ceburan lagi main air...

setelah benar2 puas..sebenarnya belum puas sih, tapi hari sudah menjelang petang, dan tubuh kami sudah begitu lelah, walau masih ingin berada di sini, tampaknya kita harus balik ke pantai teluk banyu wedang... 

Sesampai di Banyuwedang kita mandi bilas bersih bersih (di sini showernya air hangat lho! langsung dari mata air belerang) setelah mandi, dan ibu2 PKK dandan ber make up ria, kita melanjutkan perjalanan disekitar teluk banyuwedang, sembari melepas lelah kami menikmati keindahan pantai dan berharap mendapatkan sun set yang sempurna sebelum trip ini berakhir..

Hmm... tapi tampaknya hari ini kami belum beruntung, awan mendung menghalangi sang surya yang mau kembali ke paraduannya....sedikit kecewa tapi rasanya semua sudah terbayarkan dengan keindahan yang ditwarkan di pulau menjangan tadi. Okesip, kami memutuskan untuk cabut dari teluk banyuwedang dan melanjutkan perjalanan ke Gilimanuk.

Perjalan yang 'Amazing' ini dengan ditandai santap malam Ayam betutu khas Bali, di sekitaran pelabuhan Gilimanuk, 


di atas kapal Ferry, saya melihat semua personel 'geng kecrek' sudah asyik dengan mimpinya masing2, kita semua memang kecapean, apalagi setelalah makan besar aym betutu  yang terasa begitu nikmat tadi, aih benar2 seperti obat tidur yang begitu mujarab!
 

...lewat jendela  kapal saya liat samar2 pelabuhan Gilimanuk semakin mejauh.. yap, kita benar2 meninggalkan Pulau BALI. Sudah cukup Refreshing kali ini, kita harus pulang, melanjutkan Aktifitas dan rutinitas pekerjaan sehari-hari yang melelahkan. Tapi dengan Liburan ini tentunya kita akan menjalaninya dengan lebih ceria dan lebih semangat!  

Ayo guys,, Semangat Kerja, Semangat Menabung!!  Tempat Amazing lain menanti kita... !!




_________________________________________________
   Special thanx to mas Dwi Unyink,
   Tour Leader gokil yg tlh mewujudkan trip amazing kami :p
   for reservation Tour n Holiday:
   Dwi Unyink
   hp : 085711470037
   pin: 22705c67
--Fb Dwi Unyink--

(dipaksa suruh ngiklan sama mas Dwi Unyink)
*dubrakk*


0 comments:

Post a Comment

 

About Me

My photo
Professional Medical Representative | Liverpudlian | road bikes rider | BISMANIA | blogger | Banjarnegara

*Bukan karena Latah "My Trip My Adventure" trs jadi sok2an ikut ngetrip sana-sini. Cuman dari dulu suka aja sesekali memanjakan diri dengan jalan-jalan sekedar buat plesiran...

Everyday is Holyday

Prakosoandhika on FB