Trip To Nusakambangan

Hallo guys kurang piknik...

Posting kali ini adalah Trip to Nusakambangan..! Iya serius, pulau Nusakambangan!

Pulau Nusakambangan terkenal karena keberadaan Lembaga Pemasyarakatan alias penjara. Penjara Nuskambangan terkenal paling ekstrem, karena terisolasi dunia luar dan berada di sebuah pulau. Meski terkenal akan penjaranya, ternyata Pulau Nusakambangan menyimpan berbagai eksotisme yang layak untuk jadi destinasi wisata lho..,
pantai Karang Bolong Nusakambangan..
Trip kali ini disponsori oleh Kantor tempat saya jadi kuli setiap harinya,,, Berangkat dari Kota Solo kita rombongan iring-iringan menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai di lokasi. Sebenarnya saya pribadi lebih asik naik Bis Antar Kota sih, banyak pilihan mulai dari Rosalia Indah/EKA jurusan Sby-Cilacap, atau menunggangi raja line Jogja-Cilacap Efisiensi atau Riyan.
ilustrasi google
Setelah kurang lebih 7 jam perjalanan, akhirnya sampailah kita di kota Tujuan.. Cilacap Bercahaya, Ora Ngapak Ora Kepenak, ora Ngapak Dupak...!
Foto from google
Setelah serangkaian acara dan welcome party di rumah salah satu temen kantor, Kami memutuskan untuk langsung menuju spot Tujuan.
Pantai Teluk Penyu. 
Pantai Andalan di kab Cilacap ini menawarkan keunikan khas yang hanya ada di sini. pantai Teluk Penyu merupakan gugusan pantai selatan yang langsung menghadap samudra Hindia. layaknya jajaran pantai Selatan, pasti mempunyai ombak yang ganas dan besar,  tapi tidak untuk pantai Teluk Penyu,. Ombak disini relatif sedang dan tidak berbahaya. Hal ini karena pantai Teluk Penyu dilindungi oleh pulau Nusakambangan.
Benteng Pendem
Di sekitar lokasi pantai, ada obyek wisata sejarah yang wajib dikunjungi. Adalah benteng Pendem, dari namanya saja kita bisa menyimpulkan kalau ini adalah benteng yang di pendem (kubur). 
Selain Benteng Pendem, disekitar pantai juga terdapat kawasan yang oleh masyarakat sekitar sering disebut areal 70, yaitu kawasan tangki-tangki penimbunan bahan bakar rasaksa milik Peratamina

Setelah puas berkeliling, akhirnya kita semua sepakat untuk segera menyebrang ke pulau Nusakambangan.
menyebrang menggunakan speedboat lokal ;p
basah basahan asik
Samar samar pulau Nusakambangan sudah mulai terlihat...
Horeeeee welcome to Nusakambangan Island!!!

Ekspetasi kita, Nusakambangan adalah pulau yang terpencil, angker, terlarang dan menyeramkan. Semacam pulau dengan keamanan maksimal ala pulau penjara Alcatraz!
Namun jauh panggang dari api, bahkan pintu gerbang penjara Nuskambanganpun tidak tampak. karena ternyata jalur Nusakambangan untuk wisata berbeda dengan jalur penjara Nusakambangan, yang memang tertutup untuk akses umum.
Tim MTMA, My Sleep My Adventure
Entah dimanapun selalu ketemu lapak ginian -__- (GEMSTONE..!!!)
Usut punya usut kerajinan batu akik di Nusakambanan sudah ada jauh ada sebelum era demam akik seperti sekarang ini

gerbang loket sederhana sekaligus petunjuk spot apa saja yang terdapat di dalam pulau

Ternyata untuk menuju spot utama kita harus tracking jalan kaki pemirsa!!! 
Mungkin karena bukan hari libur, jadi odong odong yang biasa mengantar wisatawan tidak jalan....
mau g mau kita harus jalan kaki kurang lebih sekitar 3-5km... tapi jangan kawatir gaes, pemandangan di sepanjang jalan bikin mata ademm...
hutan belantara yang masih terjaga, sesekali kita juga disambut oleh sekawanan monyet ekor panjang dan gerombolan Lutung yang asik bermain di atas pepohonan menyambut kami..
Lagi asik menikmati perjalanan, eiiits berasa kayak lagi mimpi atau cuma fatamorgana gara gara capek jalan tracking Tiba tiba ada 2 sepeda motor melintas,.. 

Cukup lama saya merasa keheranan kok ditengah hutan ada sepeda motor melintas???  motor dan ridernya sih biasa aja, tapi yang diboncengin itu lho gaes..cewek sexy putih mulusssss! yang dilihat dari style busananya sangat gak cocok untuk traveling di sini deh. ditengah hutan dan pantai terpencil..???
salah satu penampakan yang berhasil terekam
hmmmm.... jangan2 mereka adalah wanita siluman penjaga hutan angker Nusakambangan....???...entahlah

Okesip, lanjut tracking dan sampailah kita di gapura Benteng peninggalan Belanda
Ada juga bekas peninggalan bangsa Portugis
Taraaa... akhirnya sampai juga di wisata tersembunyi pantai karang Bolong Teluk Penyu Cilacap...

wait, Wisata religius kembang Wijayakusuma..??? di sini memang berkembang legenda dan mitos mengenai keberadaan bunga Wijayakusuma yang bisa mendatangkan berkah. 
FYI, bunga wijayakusuma adalah bunga penuh misteri, karena dia hanya bisa mekar di tengah malam, kemudian layu di pagi harinya.. menurut cerita, salah seorang jendral pernah lelaku mencari kembang wijayakusuma di sini sebelum mencalonkan diri jadi presiden.  Namun dia kesulitan, dan hanya ada seorang Napi yang bisa menemukannya, akhirnya si napi tersebut diberi kebebasan untuk keluar dari Penjara.. Who knows..

Okesip, kembali setelah sedikit belajar sejarah budaya pantai Nusakambangan, kembali kita asik menikati desiran ombak di karang bebatuan...
Berasa pantai milik pribadi
benar benar tenang di sini, hanya terlihat kita yang asik mengeksplore pantai ini.. 
Akhirnya setelah puas bermain dan mengelilingi pulau eksotis ini, kami memutuskan untuk kembali ke dermaga dan menyebrang pulang ke Teluk penyu
Ada satu hal yang mengganjal hati saya ketika meninggalkan pulau ini. Ada perasaan aneh dan bikin penasaran, bukan karena suasa angker dan mistis pulau ini, tapi soal penampakan 2 cewek sexy yang sempat papasan tadi. apa hanya hayalan dan halusinasiku saja karena lelah akibat perjalanan atau emang penampakan tadi adalah wisatawan biasa yang sengaja berkunjung di Nusakambangan, atau bahkan mungkin saja mereka adalah peri penjaga bunga Wijayakusuma????? 
iseng saya membuka obrolan dengan ABK yang mengantar kami saat menyebrang meninggalkan pulau Nusakambangan

Saya  : "Pak, nyong mau kayong weruh prawan jos temen diboncengna numpak motor"
ABK : "Biasa mas, paketan order numpak ojek"
Saya  : "Orderan...?? orderan apa, nggo sapa pak, wong nang tengah alas koh??"
ABK : "nggo sing nginep nang pernisan mas.."
Saya  : "@#%&<@#...."

0 comments:

Post a Comment

 

About Me

My photo
Professional Medical Representative | Liverpudlian | road bikes rider | BISMANIA | blogger | Banjarnegara

*Bukan karena Latah "My Trip My Adventure" trs jadi sok2an ikut ngetrip sana-sini. Cuman dari dulu suka aja sesekali memanjakan diri dengan jalan-jalan sekedar buat plesiran...

Everyday is Holyday

Prakosoandhika on FB